Senin, 03 Desember 2012

Cara Mengkoneksi Komputer Ke Internet

Cara Mengkoneksikan Komputer Ke Internet


Cara Mengkoneksikan Komputer Ke Internet

Peralatan yg dibutuhkan agar komputer bisa terkoneksi ke internet:

1. Komputer
 

Spesifikasi minimal untuk PC (Personal Computer) atau laptop agar bisa diguakan untuk mengakses internet adalah :
    - Processor Pentium III 500
Mhz
    - Ram 64 MB
    - VGA Card 4 MB
    - Sound Card
dan Speaker
    - CD ROM
    -
Harddisk 10 GB
    - Monitor CRT SVGA

2. Modem

Modem
berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Data
dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.

Jenis-jenis modem berdasarkan beberapa kategori :



A. Berdasarkan letak di CPU Komputer
    
1. Modem eksternal
Modem yang ditempatkan di luar perangkat utama CPU. Modem ini terpisah dari PC dan dihubungkan melalui kabel LAN dan kabel USB, tergantung tipe modemnya.
     2. Modem internal.
 

Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.

 
B. Berdasarkan cara koneksi dengan ISP
     1. Modem
wireline atau wired adalah
         Modem yang
menggunakan media kabel untuk berkoneksi dengan ISP
     2. Modem wireless
adalah
         Modem yang
menggunakan media nirkabel (gelombang elektronik) untuk berkoneksi dengan ISP
  C.
Berdasarkan ISP yang digunakan
     1. Modem ADSL (
Asymmetric Digital Subscriber Line)
     2. Modem DSL (
Digital Subscriber Line)
     3. Modem CDMA (
Code division multiple access)
     4. Modem GSM (
Global System for Mobile Communication)
     5. Modem Dial Up
3. Saluran Telepon
Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telepon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.
Cara menghubungkan Komputer ke Internet : 
Penyambungan komputer yang terhubung ke Internet menggunakan saluran telepon sering disebut dengan Dial-Up Connection. Untuk menghubungkan komputer ke Internet dengan koneksi dial-up masih perlu persyaratan lain yaitu modem dial-up dan ISP. Modem berfungsi untuk menjembatani hubungan komputer dengan saluran telepon agar data dari komputer dapat melewati saluran telepon. Sedangkan ISP digunakan sebagai provider yang dapat menghubungkan komputer ke Internet.
Gambar1 menggambarkan hubungan komputer dalam jaringan lokal ke Internet, dari gambar tersebut koneksi ke Internet hanya menggunakan satu saluran telepon, tapi seluruh komputer dapat terhubung ke Internet dengan dapat mengakses layanan yang berbeda.
Gambar 1. Komputer dalam Jaringan Lokal Dihubungkan ke Internet


Jaringan lokal dihubungkan ke Internet melalui sebuah saluran komunikasi yang terkait di modem pada Server (atau komputer PC biasa yang difungsikan untuk Server), akses ke Internet tersebut dibagi menjadi beberapa jalur melalui hub ke beberapa Client. Untuk perhitungan throughput pada client dapat dilakukan perhitungan dengan rumus sederhana sebagai berikut :
Throughput Client (t) : 500 bytes/s (per client).
Bandwidth ke Internet : n * t * 8
Jadi jika saluran 64 Kbps, jaringan lokal mempunyai 20 Client dan menginginkan throughput efektif disetiap Client 500 byte/s, maka dibutuhkan saluran minimal 20 * 500 * 8 = 80Kbps. Namua saluran 64 Kbps cukup untuk throughput 500byte/s per Client, karena perhitungan tersebut hanya digunakan jika seluruh Client secara bersamaan men-download/upload file.

1. Alat dan Bahan

Perlengkapan perangkat keras sambungan Internet dengan menggunakan dial-up Connection, membutuhkan
  • Saluran telpon 1 buah
  • Account dari ISP (Internet Service Provider )/telkomnet instant
Data dari ISP minimal yang harus diketahui adalah :Nama Acount : misalnya telkomnet@instanPassword : misalnya telkomPrimary DNS : misalnya 202.134.0.155Secondary DNS : misalnya 202.134.2.5Nomor Telp. Dial : misalnya 080989999
  • Modem 1 buah
  • Komputer 1 buah
2. Langkah Kerja
  • Pasangkan modem (internal atau external) pada komputer. Instalasi driver modem lewat Add New Hardware Wizard (Gambar 2) dan klik Next sampai akhirnya Finish.
Gambar 2. Instalasi Driver Modem
  • Jika instalasi modem selesai, selanjutnya lakukan setting DNS pada TCP/IP Dial-Up Adapter. Buka Control Panel – Network – pilih TCP/IP Dial-Up Adapter
  • Biasanya komputer minta konfirmasi untuk restart. Setelah restart buat tool untuk koneksi ke Internet melalui Start – Program – Accessories – Communications – Dial-Up Networking – Make New Connection (Gambar 3)

Gambar 3. Membuat Tool Koneksi ke Internet
  • Beri nama Tool koneksinya misal “Koneksi ke Internet” (Gambar 4)
Gambar 4. Pemberian Nama Tool Koneksi Internet
  • Masukkan nomor telepon dial data dari dari ISP, misalnya nomor telepon dial-nya 080989999 (Gambar 5).
Gambar 5. Memasukkan Nomor Telepon Dial Data dari ISP
  • Klik Finish (Gambar 6).
  • Memasukkan data DNS ISP melalui: Start – Program – Accessories – Communication – Dial-Up Networking. Klik kanan pada tool koneksi Internet yang baru saja dibuat (Gambar 3).
  • Pilih tab Server Type (Gambar 7).
Gambar 6. Mengakhiri Pembuatan Tool Koneksi InternetGambar 7. Properties Tool Koneksi Internet
  • Pilih tombol TCP/IP Setting (Gambar 8)
  • Masukkan data DNS dari ISP (Gambar 9).
Gambar 8. TCP/IP SettingGambar 9. Memasukan Data DNS dari ISP
  • Komputer siap digunakan koneksi ke Internet dengan mengklik ganda pada tool koneksi yang baru saja dibuat. Melalui Start – Program – Accessories – Communications - Dial-Up Networking – klik ganda Koneksi ke Internet, kemudian masukkan User Name dan Password dari ISP (Gambar 10).
Gambar 10. Memasukan User Name dan Password Data dari ISP
  • Jika koneksi berhasil, maka komputer siap digunakan untuk browsing

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar